UDAKA Dikunjungi Bupati Klungkung

  • 26 September 2015
  • Dibaca: 865 Pengunjung
UDAKA Dikunjungi Bupati Klungkung

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yang didampingi Ny. Ayu Suwirta mengunjugi Perusahaan Air Minum UDAKA dalam bentuk BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) di Desa Dawan Kaler (26/9). Bupati Suwirta terkesan dengan inovasi yang dilakukan Pemerintah Desa Dawan Kaler dalam menggali dan memanfaatkan potensi yang ada di Desanya. Dengan melihat inovasi yang dilakukan oleh Desa Dawan Kaler, Bupati Suwirta menghimbau kepada Perbekel lainnya agar dapat menggali potensi yang ada di Desanya masing-masing sehingga kedepannya Kabupaten Klungkung tidak lagi mengimpor dari luar seperti makanan/camilan dari bahan dasar buah Nangka atau rumput laut.

Perbekel Desa Dawan Kaler Kadek Sudarmawa yang kebetulan berada disana menjelaskan bahwa pembuatan BUMDes Kertalaba ini berasal dari bantuan Gerbangsadu Bali Mandara Provinsi Bali pada tahun 2014 sebesar 1 M dan ADD sebesar 560 juta. Bantuan Gerbangsadu Bali Mandara tersebut digunakan setengahnya saja untuk pembelian mesin pengolahan air minum sebesar 500 juta dan ADD yang sebesar 560 juta digunakan untuk pembuatan bangunan perusahaan. Usaha air minum yang berasal air sumur BOR ini dapat memproduksi air minum dalam bentuk galon sebanyak 700 galon perhari dan 500 Dus air minum bentuk gelas perhari. Dari produksi tersebut untuk saat ini mencapai omzet 65 juta perbulan. Sedangkan pasar yang sudah dijangkau  oleh BUMDes Air Minum UDAKA ini meliputi wilayah Klungkung, Denpasar dan beberapa wilayah yang ada di Karangasem. Keberadaan BUMDes Air Minum UDAKA ini dimiliki oleh 4 banjar yang ada di Desa Dawan Kaler, diantaranya Banjar Metulis, Sengguan, Pasekan dan Banjar Kayehan. Sedangkan omzet yang sudah dihasilkan sampai bulan September ini mencapai 65 juta setiap bulannya. Dari target yang dicapai tersebut dikatakan masih kecil, karena target yang ingin dicapai sebesar 200 juta.

Dengan keberadaan BUMDes Kertalaba ini, Bupati Suwirta berharap agar dipromosikansebaik-baiknya. Bicara soal promosi, selaku Pemerintah Daerah Bupati Suwirta berharap agar masyarakat Klungkung memanfaatkan atau memproduksi potensi lokal. Bupati Suwirta juga mengajak seluruh masyarakat Klungkung untuk manfaatkan atau memproduksi potensi lokal didaerahnya. Untuk hal promosi Bupati Suwirta akan melakukan pendekatan dan berkoordinasi dengan pihak Swalayan, Supermarket dan Toko-toko yang ada di Klungkung untuk ikut memasarkan produk-produk lokal ini (sumber : metro bali)

  • 26 September 2015
  • Dibaca: 865 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita