Desa Dawan Kaler

Perbekel Desa Dawan Kaler

I Kadek Sudarmawa, SH

Bupati Suwirta Ajak Sekaa Teruna Tingkatkan Kompetensi

  • 23 Desember 2017
  • Dibaca: 202 Pengunjung
Bupati Suwirta Ajak Sekaa Teruna Tingkatkan Kompetensi
      Sekaa Teruna (ST) sebagai generasi penerus harus mampu lebih baik dari apa yang sudah berjalan sebelumnya. Mereka perlu diberikan pembinaan, baik dari orang tua maupun pemerintah sehingga kedepan menjadi generasi yang berkarakter dan mampu melestarikan adat dan budaya. Demikian ditegaskan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat menghadiri puncak perayaan HUT ke-32 ST. Dharma Winangun, Banjar Sengguan, Desa Dawan Kaler, Kecamatan Dawan, Sabtu (23/12/2017) malam.
 
      Menurut Bupati Suwirta, dalam hal pemberdayaan generasi muda, pendidikan karakter sangat penting bagi anggota sekaa teruna. Para generasi penerus ini dihimbau untuk tidak terjerumus dalam pengarus-pengaruh negatif, seperti penyalahgunaan narkoba, seks bebas dan pengaruh negatif lainnya. Sekaa teruna juga diingatkan untuk terus belajar, mengasah kemampuan dan meningkatkan kompetensi dimana menurutnya persaingan kedepan akan semakin meningkat baik persaingan didunia kerja maupun yang lainnya. Ditambahkan, ditahun 2020 sampai tahun 2030 akan terjadi bonus demografi, dimana pada tahun tersebut usia kerja akan jauh lebih banyak daripada lapangan pekerjaan, sehingga nantinya akan diperlukan tenaga kerja yang santun dan mampu berinovatif. “Sekaa teruna perlu diberikan pembinaan, karena sebagai pengganti harus lebih baik dari yang sudah berjalan sebalumnya. Teruslah belajar belajar dan belajar, asah kemampuan, tingkatkan kompetensi karena kedepan persaingan akan semakin meningkat,” tegas Bupati Suwirta.
 
      Dihadapan krama Desa Dawan Kaler, Bupati asal Nusa Ceningan ini juga memaparkan perkembangan pembangunan di Kabupaten Klungkung. Diantaranya pelayanan kesehatan melalui program Universal Health Coverage (UHC) atau JKN-KIS bagi seluruh masyarakat Klungkung yang dianggarkan melalui APBD Klungkung, yang mana program ini sudah berjalan sejak 1 Nopember 2017. Seiring sudah berjalannya program tersebut, Bupati Suwirta meminta kepala desa dan kepala dusun dimasing-masing desa harus proaktif mendaftarkan warganya untuk menjadi peserta JKN-KIS. Selain itu, Bupati Suwirta juga menyampaikan bahwa siklus pendaftarannya sudah dipotong yang sebelumnya harus melalui Dinas kesehatan dan sekarang perangkat desa sudah bisa langsung mendaftarkan warganya ke BPJS sehingga prosesnya bisa lebih cepat. “Para Kepala desa dan kadus harus proaktif mendaftarkan warganya. Manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk pelayanan kesehatan masyarakat,” imbuh Bupati Suwirta. 
 
      Sementara itu  Ketua ST. Dharma Winangun, I Putu Alit Gunarta menyampaikan, serangkaian peringatan kali ini diadakan berbagai kegiatan. Seperti pementasan seni dan budaya berupa tari jauk dan lomba-lomba lainnya. Menurut Alit Gunarta, di hari  ulang tahun ke-32, ST. Dharma Winangun juga menyiapkan wadah bagi generasi muda untuk menampilkan bakatnya dibidang seni dan budaya. Ia menambahkan ST. Dharma Winangun berdiri 32 tahun silam, tepatnya 23 Desember 1985. “Saat ini anggota kami berjumlah sebanyak 45 orang,” sebutnya.
  • 23 Desember 2017
  • Dibaca: 202 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita